Monday, May 14, 2012

Backpacker Hongkong-Macau-Shenzhen 2

Day 1 : Perjalanan Sby-KL-Shenzhen-HK
Day 2 : Hongkong
Day 3 : Macau - Hongkong
Day 4 : Hongkong - Shenzhen
Day 5 : Shenzhen
Day 6 : Perjalanan Shenzhen - KL - Surabaya

Note : waktu di Hongkong adalah 1 jam lebih cepat dari WIB jadi sama dengan WITA Hahaha, ada kesalahan teknis pada jam weker kami sehingga kami sedikit terlambat bangun. :p Jadi  kami baru meninggalkan Cosmic Guest House pukul 8.00.

Berjalan sedikit saja ke arah kanan setelah keluar dari Mirrador Mansion, tujuan pertama kita adalah gedung yg persis ada disebelah Standard Chartered Bank. Namanya Golden Crown Court dan langsung saja kita naik ke lantai 5 dimana office Golden Crown Guest House berada. (Office hours :8a.m)
Tujuan kami kesana adalah untuk membeli tiket Ngong Ping cable car, The Peak tram dan juga madame tussaud serta sky terrace karena Cosmic tidak menjual tiket2 tersebut.

Kenapa kok di Golden Crown belinya?

Original price Standard Cabin Ngong Ping round trip : 125 HKD
Discounted price di Golden                                          :    95 HKD



Original price round trip 
The Peak Tram+Madame Tussaud+Sky Terrace   : 235 HKD

Discounted price di Golden                                    : 190 HKD 

Setelah selesai bertransaksi kami segera kembali ke MTR TST pintu D1 dan menuju ke MTR Jordan exit B1.What we're looking for is Hongkong local famous breakfast menu : Congee. One of the best and original taste can be found here : Nathan Congee & Noodle. 11, Saigon St. Kowloon. (right on the opposite of Novotel Hotel)
Delicious Congee 

Tujuan berikutnya adalah MTR Tung Chung yg kami tempuh kurang lebih 40 menit. Keluar dari Tung Chung station exit B kita akan melihat sebuah mall Citygate Outlet dan di belakang mall tersebut kita bisa cable car terminus. Kita juga bisa naik bus nomor 23 yg ada di bus terminus dibelakang Citygate, tapi kami memilih mencoba cara yg lebih menantang, yaitu perjalanan 25 menit dengan cable car. 
Membeli tiket sebelumnya adalah pilihan yg sangat tepat, antri untuk membeli tiket sangat2 panjang walau ini hari Senin.Sungguh beruntung karena kami langsung maju menukarkan voucher yg kami beli dr Goldencrown di loket khusus lalu segera masuk antrian naik cable car yg juga cukup panjang.
Pemandangan menakjubkan dr atas cable car

The Giant Budha di Ngong Ping village dari ketinggian cable car

Opening Hours : 10:00 - 18:00 weekdays
                          09:00 - 18:30 weekends & public holiday
(please check the official site, cable car service is closed for a scheduled maintenance.)
Tips : tempat wisata ini adalah jenis outdoor. Siapkan topi, payung, sunblock dan juga mosquito repellent ( untuk yg mau jalan melewati hutan ke Wisdom Path ). Di bulan Mei ini curah hujan juga mulai banyak. Siapkan payung/ jas hujan.
Ngong Ping village adalah sebuah desa buatan di Lantau Island yg di tata apik dan bersih. Tempat yg bisa kita kunjungi secara free: 

Tian Tan Budha / The giant Budha
The 34 metres high statue cost HKD 60 million forged using bronze and gold. 

Wisdom Path (walk about 15-20 minutes in a forest from Giant Budha)
A series of 38 wooden steles containing verses from the famous Buddhist text the Heart Sutra. Memang sedikit jauh masuk ke hutan tapi tempat ini patut di kunjungi.
Po Lin Monastery, many market n souvenir shop, and also local and international food to enjoy...

Ada juga attraction yg berbayar : Walking with Budha (36 HKD) dan Monkey's Tale Theatre (36 HKD)
Puas mengambil foto dan makan di atas, kami turun kembali ke Citygate Outlet , pusat outlet dari tenant2 ternama. Di sini kita bisa temukan berbagai barang terutama fashion dengan harga miring hingga 70% dari merk2 seperti : Esprit, Giordano, Puma, Adidas, Guess,Polo dst. Harga miring karena biasanya barang2 mrk ini adalah yg sudah atau baru lewat musimnya. Jadi buruan...borong deeh mumpung diskon diskon diskonnn! hahaha...

Belum puas kami melihat barang2 murah tapi kami harus segera menuju Victoria Harbour untuk melihat pertunjukan Symphony of Lights yang dimulai tiap jam 8p.m. setiap harinya selama sekitar 15 menit. Sebuah pertunjukan laser dan permainan lampu dari gedung2 yang berpartisipasi yang disertai narasi dan music dapat kita dengarkan di sepanjang harbour. Jika ingin mendapatkan tempat yg strategis datanglah lebih pagi. Beruntung lah kami bahwa cuaca masih cukup cerah untuk menikmati acara gratis ini. 


Pemandangan di Victoria Harbour dengan lampu2 gedung yg berwarna warni memang menakjubkan, rasanya bisa berlama2 memandanginya. Sayang menurut saya laser show symphony of lights nya kurang "Wah" jadi mungkin jika tidak berkesempatan hadir pukul 8 di sana juga tidak terlalu sayang melewatkannya. 
Jika ingin mengabadikan gemerlapnya pemandangan Victoria Harbour dengan sempurna, bawalah tripod.
 Agenda kami berikutnya adalah bertemu dengan selebritis2 seperti Jackie Chan, Jet Li, Andy Lau, Li Ching Sia, dkk di Avenue of Star. Kita tinggal berjalan saja menyusuri victoria harbour setelah melihat pertunjukan symphony dan kita bisa melihat cetakan telapak tangan dari bintang2 kenamaan Hongkong di sepanjang jalan yg kita lewati.
Tempat ini akan lbh bagus di kunjungi di pagi hingga sore hari ketika masih ada matahari
Malam sudah menjelang, tapi Hongkong masih penuh dengan orang beraktivitas. Kami menuju Ladies Market dengan menggunakan MTR Mongkok dan exit di pintu D2.

Kawasan ini sangat hidup dan terang walau jam sudah menunjukkan sekitar pukul 10:30 pm. Setelah dinner, kami menyusuri market yg menjual aneka barang dan suvenir di sepanjang jalan. Keahlian menawar di sini sangat di andalkan, jika tidak bisa berbahasa mandarin mereka juga sudah terbiasa dengan bahasa "kalkulator" hahaha.
Menawar biasanya di mulai dari 70 - 50 %. Kita mungkin akan merasa sungkan dan juga akan menuai omelan atau lirikan marah, tapi itu sudah biasa terjadi disana. Jangan di ambil hati dan jangan ikutan marah2 ya ;)
Ternyata pukul 23:00 mereka mulai bersiap2 meringkas barang mereka kembali ke kotak dan membersihkan jalanan dari lapak2 mereka. Kaki kami juga sudah cukup penat, jadi kami mulai bergerak pelan kembali ke MTR station dan pulang ke penginapan kami.

Sampai jumpa di hari ke 3 di Macau !

2 comments:

  1. hello .. kak boleh minta info gk? ini ada beberapa pertanyaan dariku :
    1. klo kita beli tiket di golden crown apa harus digunakan tgl yg sama gitu?misalnya kita beli hari senin,harus dipakai juga hari senin ?:D
    2. MACAU,kan saya dr KL ke macau .. nah di bandara saya mau ke hotel venetian bisa pke shuttle bis dr venetian tsb kan? nah hbs putar2 venetian rencana saya mau lgsg ke macau ferry terminal menggunakan shuttle bus lg.. bgmana cara membedakan bus arah ke bandara dan ke ferry ? apa dia slalu melewati ke tmpt2 tsb jd gk msalah naik bus nya..?
    terimakasih ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fera chan :
      1.Setau saya tidak harus kok. Jadi yang kita beli di Golden Crown berupa voucher dan di sana ada tanggal expired nya. Asal di gunakan sebelum expired ya gpp.
      2. Disana ada tanda menuju parkirnya bus cari bus yang ke OUTER harbour.Bus ini ga berhenti dimana2, langsung menuju ferry

      Delete