Thursday, June 28, 2012

Megahnya jembatan nasional Suramadu

Menikmati taburan lampu jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) yg indah di malam hari bisa jadi hiburan tersendiri. Sekalian juga kita bisa mencoba wisata kuliner di pulau lain! :p

Suramadu bridge @ night
How to get there:
Dari arah MERR II C/Galaxy Mall 
Lurus ke arah Kenjeran-Belok kiri masuk jalan raya Kenjeran - Sampai di lampu merah pertama - belok kanan.
Dari arah tengah kota :
Lewati HiTech Mall  belok kanan ke arah Kapas Krampung - Belok kiri di ujung jalan Kapas Krampung.

Tips untuk yg mau mengabadikan foto jembatan Suramadu ini secara keseluruhan (karena peraturannya kita tidak boleh berhenti kecuali keadaan darurat setelah masuk ke gerbang masuknya) :
Setelah kita berada di jalanan akses menuju pintu gerbang tol Suramadu,jangan masuk gerbang dulu, berpindahlah ke jalur paling kiri kemudian susuri jalan belok ke kiri. Anda akan tiba di bawah jembatan ini. 
Waktu yg di tempuh dari sisi Surabaya sampai sisi Madura adalah sekitar 7 menit saja. 

Harga tiket (one way) -  4 wheel       : Rp 30.000,- 
                                     Motorcycle  : Rp 3.000,-

Sejak di resmikannya pada 2009, jembatan yg memakan 6 tahun masa pembangunan ini sepertinya cukup membantu geliat ekonomi di bagian sisi Madura.Keadaan daerah Bangkalan, khususnya daerah Kamal yg paling dekat dengan jembatan ini sudah lumayan berubah sejak terakhir kali saya keliling Madura (disini ceritanya).  

Begitu turun di sisi Madura, banyak sekali tenda2 penjual souvenir seperti kaos, cambuk, clurit khas Madura, kain batik Madura, dan beberapa cemilan serta kerajinan dari laut. Mereka buka 24 jam alias tidur disana juga, jadi jangan takut ketutupan ;)
Walau tidak banyak, tawarlah harga disini!
Selanjutnya beberapa meter dari jembatan ini (lurus saja sampai habis jalannya dan belok kiri ke arah kota Bangkalan) banyak sekali tempat makan bermunculan. Menu andalan mereka rata2 adalah bebek khas Madura atau ikan dan seafood.

Tempat makan favorite saya adalah tempat yg terbilang sudah cukup lama ada di jalanan ini. (belok kanan lagi menuju Bangkalan kota) Tempatnya di kanan jalan, namanya Ole Olang. Jangan lewatkan makan ikan bakar disertai sambal pencit khas kota Madura!

No comments:

Post a Comment